Advertisement

Apa Itu Slang Words, Mengapa Perlu Mempelajarinya, dan Contohnya!

Apa Itu Slang Words


Cappuccino English - Halo, language learner!

Untuk menguasai bahasa Inggris, kamu akan menemukan berbagai tantangan yang tidak mudah. Selain perlu paham mengenai susunan bahasa atau grammar bahasa Inggris, kamu juga harus mengetahui banyak kosakata bahasa Inggris.

Kosakata bahasa Inggris sendiri berjumlah lebih dari 170.000 kata, dan setiap tahunnya ada 2000 kata baru yang dimasukkan ke dalam kamus bahasa Inggris.

Tetapi ada satu jenis kosakata yang tidak dimasukkan ke dalam kamus karena dianggap bukan bagian kosakata standar. Jenis kosakata tersebut adalah slang words.

Apa itu Slang Words?

Menurut kamus Oxford, slang words adalah jenis kosakata/frasa yang dianggap sangat informal, umumnya digunakan dalam percakapan daripada tulisan, dan maknanya biasanya terbatas pada konteks tertentu atau hanya diketahui oleh sekelompok orang saja.

Perlu diingat bahwa penggunaan kata slang ini hanya terbatas untuk percakapan kasual saja dan harus dihindari dalam situasi formal. Jika dibandingkan dengan budaya Indonesia, kata slang bisa diartikan sebagai bahasa inggris gaul anak muda yang digunakan percakapan sehari-hari.

Menguasai bahasa Inggris pun menjadi lebih tricky karena untuk berbicara bahasa Inggris secara kasual seperti yang ada di film/TV series Amerika dan UK, kamu butuh belajar lebih ekstra karena kata slang sendiri tidak dipelajari secara formal dalam kelas.

Kamu bahkan perlu mempelajari sendiri makna setiap kata slang dari film/TV series itu karena tidak semua makna dapat ditemukan dalam kamus bahasa Inggris. Meskipun kamu menemukan beberapa kata slang dalam kamus, makna dalam kamus tersebut mungkin akan sangat berbeda dengan makna slang-nya.


Slay



Contohnya adalah kata slay, yang juga merupakan salah satu slang words. Kata slay dalam kamus memiliki arti membunuh. Tetapi, sebagai kata slang bahasa inggris, slay sebagai slang artinya 'melakukan sesuatu dengan sangat baik'.

Sebagai bahasa inggris gaul anak muda, kata slang setiap negara pun pasti berbeda-beda, baik di Amerika, UK, Australia, atau negara-negara lainnya.

Bahkan kata slang bisa sangat bervariasi berdasarkan etnisnya, pekerjaannya, wilayah tempat tinggalnya, zamannya, atau kelompok sosialnya.

Tetapi, di antara berbagai macam asal kata slang tersebut, American slang mungkin menjadi yang paling berpengaruh terhadap budaya-budaya negara lainnya di dunia. Hal ini terjadi karena begitu populernya industri hiburan mereka (seperti musik, film, TV series) yang masuk ke industri hiburan negara-negara lainnya.

Mengapa Perlu Mempelajari Slang Words?

Meskipun butuh effort lebih untuk mempelajarinya, mengetahui berbagai kata slang dan kapan harus menggunakannya menjadi sangat diperlukan.

Selain menghindarimu adanya kesalahpahaman dalam percakapan, mengetahui banyak kata slang juga akan meningkatkan kemampuanmu dalam berbicara bahasa Inggris, terlebih kemampuan dalam percakapan sehari-hari.

Kamu pun akan tampak lebih keren karena kamu bisa berbicara layaknya para native speaker yang sedang mengobrol secara kasual sehari-hari.

Selain itu, semenjak adanya internet dan media sosial, banyak anak muda era millenial dan gen-z yang memunculkan banyak kata slang dan penggunaannya pun semakin meningkat.

Banyak juga frasa yang muncul di film/series Amerika Serikat yang kemudian populer hingga akhirnya menjadi slang bagi anak-anak muda.

Jika kamu ingin mengetahui beberapa kata slang (American slang), berikut adalah kata-kata slang populer yang bisa kamu praktikkan saat ngobrol dengan teman-temanmu.

Untuk mengetahui tips menghafalkan kata slang, kamu bisa menerapkan salah satu cara menghafal kosakata bahasa Inggris.

Kumpulan Slang Words Bahasa Inggris:

No Cap (frasa)

No Cap dapat digunakan untuk menekankan bahwa kamu tidak sedang berbohong atau melebih-lebihkan tentang sesuatu.

"No Cap! This is the best pizza I have ever had!"

To Pig Out (kata kerja)

Apa Itu Slang Words


Berasal dari kata pig, hewan babi yang lahap banget saat makan, to pig out juga dapat kamu gunakan ketika kamu melihat seseorang makan dengan sangat lahap dan cepat.

"She said she always pigs out chips while watching a movie."

Hooked on Something (kata sifat)

Hooked on something artinya sangat menyukai sesuatu (bisa berupa makanan, barang, atau sesuatu yang nggak boleh seperti narkoba).

"She got hooked on the K-drama after watching Reply 1988!"

Rip-Off (kata benda) / To Rip Off (kata kerja)

Kata Slang ini digunakan untuk menjelaskan sesuatu atau situasi di mana seorang pembeli membayar lebih dari seharusnya atas suatu produk/jasa yang dibelinya, dan pembeli tersebut tidak tahu kalau harga tersebut dinaikkan.

"How much did you pay for this hat?"

"Rp300.000"

"It's a rip-off, dude. This hat is worth only Rp100.000!"

To Hang On (kata kerja)

Kata kerja ini memiliki arti "tunggu sebentar".

"Have you finished your make up?"

"Hang on. I haven't applied my lipstick!"

Bummer (kata benda)

Kata benda ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa atau situasi yang menyedihkan, mengecewakan, atau tidak kamu inginkan, dan kata ini termasuk dalam kata kasar.

"I heard your boyfriend can't come to your party."

"Yeah. It's a real bummer!"

I'm Down for Something (frasa)

Kalimat ini dapat kamu gunakan ketika kamu dan temanmu sedang bingung mau melakukan kegiatan apa. Kalimat ini memiliki arti bahwa kamu okay-okay saja melakukan kegiatan apapun yang sedang diusulkan.

"How's about going bowling? We haven't played it for a while."

"I'm down for it."

Ripped (kata sifat)

Apa Itu Slang Words


Kata sifat ini dapat kamu gunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang punya badan berotot dan bagus karena hasil nge-gym atau olahraga teratur.

"Look at that body!  He is so ripped!"

"He goes to the gym two hours a day to get that ripped body."

In (kata sifat)

In dapat digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang sedang trend atau hype saat ini, biasanya dalam bidang fashion.

"Cindy, why do you keep wearing that kind of shoes? You look uncomfortable!"

"Mom, it's totally in among college students!"

Sick (kata sifat)

Kata sifat ini bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang sangat keren dan menakjubkan. Kata ini memiliki makna yang sama dengan awesome.

"You missed the sick concert yesterday!"

Looker (kata benda)

Ketika kamu mendengar seseorang menyebutmu sebagai looker, kamu harus senang karena kata sifat ini digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang menarik secara fisik atau good-looking biasanya perempuan).

"Have you seen the new co-worker in our department? She is a real looker!"

"I saw her this morning. She is good looking but not my type."

Geek (kata benda)

Kata benda ini digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang jarang bersosialisasi karena terlalu fokus belajar atau banyak menghabiskan waktu di depan komputer.

"Diana, let's go to Nick's party tonight."

"Sorry, I can't. I have to finish my project tonight."

"You're such a geek!"

Kesimpulan

Ada banyak sekali kata slang dalam bahasa Inggris, dan jumlahnya dipastikan akan terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Tips mudah untuk mengetahui kata slang yang sedang banyak digunakan adalah dengan cara terus up-to-date di media sosial atau menonton film/TV series Amerika/UK terbaru.

Posting Komentar

0 Komentar